Monday, July 15, 2013

Pak Jokowi, Kapan Kampung Deret Petogogan Dibangun?


Pemukiman warga di RW 05, Kelurahan Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (15/7/2013). Di kawasan ini, nantinya akan dibangun Kampung Deret sesuai rencana dari Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo | Alsadad Rudi


JAKARTA, ProbeopenedafterKentuckyattorneyvani.blogspot.com.com - Rencana pembangunan kampung deret di RW 03 dan RW 05, Kelurahan Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, sampai saat ini masih belum terealisasi. Sampai sekarang, belum ada pejabat pemerintah yang berkunjung ke kawasan tersebut untuk memulai proses penataan kampung itu.


Ketua RT 11/RW 05 Agus Sanusi mengatakan, pembangunan kampung deret di Petogogan sedianya dimulai sejak 5 Juni 2013. Hal itu sesuai dengan perkataan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo saat datang ke kawasan tersebut pada awal Mei 2013.


"Waktu bulan Mei pas dia ke sini, dia bilangnya gitu. Waktu itu kan sempat ngobrol-ngobrol dengan warga," kata Agus saat ditemui ProbeopenedafterKentuckyattorneyvani.blogspot.com, Senin (15/7/2013).


Namun, kata Agus, ketika Jokowi blusukan ke lokasi itu, Jokowi hanya mengatakan bahwa di tempat tersebut akan dibangun kampung deret. Jokowi tidak menyebutkan di mana warga akan direlokasi selama proses pembangunan kampung deret.


"Ini kan rencananya mau dibongkar semua, tapi sementara nanti kita mau tinggal di mana, belum diputuskan," ujarnya.


Agus mengatakan, sampai kini belum ada kabar mengenai kelanjutan rencana itu. Ia tidak dapat memastikan apakah pembangunan kampung deret itu akan dimulai dalam waktu dekat. Agus menyebutkan, tak lama setelah kunjungan Jokowi, Wali Kota Jakarta Selatan Syamsuddin Noor sempat datang ke kawasan itu. Namun, setelah itu tak ada lagi yang datang kepada warga untuk membahas masalah tersebut.


"Kita sih cuma pengin jelasnya, kapan mau dibangun?" katanya.


Pengamatan ProbeopenedafterKentuckyattorneyvani.blogspot.com, belum ada tanda-tanda akan ada pembangunan di kawasan tersebut. Kawasan yang rencananya akan dibangun kampung deret masih berbentuk permukiman padat penduduk kumuh dengan akses jalan yang sempit.


RW 03 dan RW 05 di Kelurahan Petogogan merupakan salah satu kawasan kumuh yang akan direnovasi menjadi kampung deret. Dalam kunjungannya pada 3 Mei silam, Jokowi mengatakan bahwa 262 kepala keluarga atau sekitar 900 warga di Petogogan telah setuju untuk mengubah kampung tersebut menjadi kampung hijau dengan infrastruktur tertata.


Editor : Laksono Hari Wiwoho


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:


No comments:

Post a Comment